Makanan Korea Halal Yang Dapat Kamu Coba

Jajanterus.com – Popularitas makanan Korea saat sedang banyak di minati, salah satu penyebabnya yaitu kemunculan K-Pop dan drama korea menjadi faktor terbesar utama tingginya minat akan Korea. Terinspirasi dari K-drama, terkadang menimbulkan rasa penasaran untuk dapat mencicipi hidangan dari negeri ginseng ini. Walaupun banyak makanan Korea yang diperjual belikan, kamu tetap harus berhati-hati untuk mencari tau apakah makanan korea halal atau tidak.

makanan korea halal
pic by @goody.celeb

Seperti yang kita ketahui di Korea jika Islam bukanlah agama mayoritas di sana, sehingga makanan korea bisa saja mengandung unsur haram, seperti halnya minyak dan daging babi. Kebanyakan makanan Korea yang mengadung unsur makanan diatas, maka kamu sebagai pemeluk agama Islam kamu wajib terlebih dahulu mencari tahu kehalalan makanan yang ingin kamu santap. Jika kamu penasaran, berikut beberapa rekomendasi makanan Korea halal yang dapat kamu coba.

1. Tteokbokki

Tteokbokki
pic by google

Makanan Korea halal yang pertama dapat kamu coba adalah Tteokbokki, makanan khas negara gingseng yang satu ini halal karena terbuat dari bahan dasar tebung beras dan bentuknya seperti batang. Makanan Korea yang satu ini kerap muncul dalam Kdrama, Tteokbokki disajikan dengan bumbu gochujang khas Korea yang memiliki rasa pedas dan manis.

Tteokbokki telah menjadi salah satu makanan yang disajikan di istana kerajaan pada masa Dinasti Joseon dengan nama gungjung tteokbokki. Makanan ini sangat cocok dijadikan makanan saat musim dingin karena kenikmatannya ketika disajikan dalam kondisi panas. Kamu saat ini dapat dengan mudah menemukan makanan ini mulai dari restoran hingga pedagang kaki lima.

2. Kimchi

kimchi
pic by @koto.kimchi

Kimchi adalah makanan Khas Korea menggunakan bahan dasar sayuran kemudian difermentasi dengan beraneka bumbu, sehingga kimchi memiliki rasa pedas dan asam. Sayuran yang paling sering digunakan untuk membuat kimchi adalah lobak, sawi, wortel,dan timun. Sedangkan untuk bumbu-bumbu yang digunakan terdiri dari bubuk cabai, bawang bombay, jahe, bawang putih, pasta udang, dan saus ikan.

Maka dengan penggunaan bahan dasar sayuran dan bumbu-bumbu tersebut kimchi merupakanan makanan yang halal. Kimchi biasanya dibuat dalam porsi yang besar karena makanan ini dapat bertahan lama didalam topeles dan lemari dingin. Selain itu kimchi juga dijadikan makanan pelengkap disegala hidangan khas Korea, masyarakat asli Korea slalu membuat kimchi sendiri dirumah.

3. Jjampong

Jjampong
pic by @riset95

Jjamppong merupakan sebuah mi kuah pedas Korea yang dicampur dengan olahan seafood seperti udang ataupun cumi. Jjampong memiliki rasa kuah yang identik dengan rasa pedas dan kaya akan rempah khas Korea. Karena bahan dasar pembuatan makanan ini adalah seafood sehingga dapat dipastikan makanan ini halal. Keseluruhan rasanya nikmat menggunggah selera, Jjamppong sangat cocok dihidangkan ketika musim dingin tibah sebagai makanan yang dapat membuat tubuh terasa hangat.

Baca Juga:  Sei Sapi Kana Makanan Khas Kupang Yang Lezat

4. Kimbap

kimbap
pic by @angies_foodie_adventures

Sekilas jika diperhatikan makanan khas Korea yang satu ini mirip dengan makanan khas Jepang yaitu sushi. Walaupun surupa namun kimbap memiliki isian yang berbeda dengan sushi, kimbap memiliki isian nasi, potongan daging, ikan, sayuran, dan telur . Untuk sayuran yang biasa digunakan adalah timun, wortel, bayam, dan acar lobak.

Kimbap menjadi makanan populer karena pembuatannya sangat mudah dan juga praktir untuk dibawa-bawa. Kamu juga dapat membuatnya sendiri dengan mudah, kamu hanya perlu menyediakan bahan-bahannya dan menggunungnya menjadi satu dengan balutan nori kemudian kamu dapat memotongnya menjadi 6 hingga 8 potongan.

5. Bibimbap

Bibimbap
pic by @foamini

Hidangan yang satu ini memiliki tampilan seperti rice bowl, dimana dalam satu mangkoknya sudah berisi nasi putih dengan berbagai lauk seperti sayuran, daging, dan telur. Yang membuat hidanggan ini nikmat adanya tambahan saus gochujang yang merupakan saus pedas khas Korea.

Karena makanan ini berbahan dasar daging kamu perlu bertanya terlebih dahulu kepada penjualnya apakah daging yang digunakan halal atau tidak. Karena ada beberapa resto yang menyajikan bibimbap dengan daging non halal, namun jika pedagangnya sudah menjamin daging yang digunakan halal maka kamu dapat menikmatinya dengan tenang.

6. Haemultang

Haemultang
pic by @restaurantecolumbus

Sup Haemultang juga merupakan salah satu hidangan berkuah yang biasa dinikmati ketika musim dingin di Korea. Sup ini biasanya memiliki campuran berupa berbagai macam makanan laut seperti umi-cumi, kepiting, gurita, udang, hingga kerang.

Cara pemasakannya juga sedikit unik, yaitu hal yang pertama dilakukan adalah memasukan air, kaldu, dan bumbu lalu masak hingga mendidih. Setelah mendidih semua bahan-bahan dimasukan, biasanya untuk khusus gurita dimasak dalam keadaan hidup untuk menjaga kesegarannya. Karena berbahan dasar makanan laut makanan yang satu ini dapat dikatagorikan sebagai makana khas korea yang halal, jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya.

7. Japchae

Japchae
pic by @theaquazephyr

Makanan khas Korea yang satu ini dapat dikatakan makanan yang sudah cukup tua, karena makanan ini sudah ada sejak abad ke 17 ketika Korea diperintah oleh Dinasti Joseon. Saat itu raja sedang melangsungkan pesta di istana, kemudian salah satu seorang bangsawan menghidangkan japchae.

Karena Raja menyukai makanan ini maka sejak itulah makanan ini menjadi salah satu menu wajib yang akan selalu ada ketika perayaan pesta.Japchae juga termasuk makanan halal karena berbahan dasar  sohun yang dicampur aneka sayur dan tentunya daging sapi.

8. Maeuntang

Maeuntang
pic by @gangmaru_maeuntang

Maeuntang atau sup ikan merupakan salah satu makanan tradisional Korea Selatan, makanan ini menggunakan bahan dasar ikan dan dicampurkan dengan saus gochujang, sehingga sop ikan ini memiliki rasa yang pedas. Makanan ini biasanya disajikan menggunakan hotplate sehingga sup ini kehangatannya akan terus terjaga walaupun sedang dikonsumsi.

Baca Juga:  Cerita Cafe, Tempat Makan Dengan Sejuta Cerita
Loading...

9. Ramyeon

Ramyeon
pic by @madamecuisine_id

Ramyeon atau Ramyun adalah hidangan Mie khas Korea, hidangan ini dapat dibuat dengan menggunakan mie basah maupun mie instan. Mie ini identik dengan rasa pedas dan kuah yang kental saat ini kamu dapat dengan mudah menemukan mie instan ramyeon di berbagai minimarket.

Namun jika kamu ingin mencoba yang instan kamu harus memperhatikan kemasannya, kamu dapat membaca komposisi yang terdapat di kemasan. Tetapi untuk lebih meyakinkan lagi lebih baik kamu mencari ramyeon yang sudah memiliki logo halal, sehingga lebih terjamin akan kehalalnya.

10. Bulgogi

Bulgogi
pic by @dahaewest

Bulgogi hampir mirip dengan makanan khas Jepan yakni yakiniku. Yang membeda antara bulgogi dengan yakiniku adalah rasanya dimana bulgogi memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkn dengan yakiniku. Daging yang digunakan untuk membuat bulgogi biasanya adalah sirloin atau bagian daging sapi pilihan lainnya.

Sebelum memasak bulgogi biasanya dagingnya akan di marinasi terlebih dahulu menggunakan bumbu kecap, lada, minyak wijen, bawang putih dangula. Ketika bumbu sudah meresap, daging sapinya kemudia dipanggang hingga matang. Agar lebih enak biasanya orang Korea menikmati bulgogi dengan cara membungkusnya dengan selada, kemudian menyantapnya.

11. Miyeok Guk

Miyeok Guk
pic by @asiaonmartmx

Makanan Miyeok Guk memiliki makna yakni, miyeok berarti rumput laut, sedangkan guk yang bermakna sup sehingga apabila kedua kata tersebut disambungkan maka memiliki arti sup rumput laut. Miyeok guk dibuat menggunakan bahan dasar rumput laut kering yang sebelumnya telah direndam terlebih dahulu hingga lunak.

Selanjutnya, rumput laut yang telah lunak tersebut dapat dicampurkan dengan kaldu sapi hingga meresap. Makanan satu ini sering disajikan pada saat acara seperti saat ulang tahun ataupun disajikan untuk ibu yang baru melahirkan.

12. Dakkochi

Dakkochi
pic by @itsyummylife

Kalau makan yang satu ini tidak asing pastinya untuk masyarakat Indonesia, makanan ini sekilas mirip dengan sate ayam asli Indonesia. Yang membedakan adalah rasanya dimana sate ayam khas Korea memiliki rasa yang pedas. Sebelum di tusuk daging ayam harus di marinasi terlebih dahulu dengan menggunakan bawang bombay, merica bubuk, brown sugar dan juga jahe, waktu yang dibutuhkan untuk marinasi daginya cukup lama yaitu 45 menit agar bumbunya meresap hingga kedalam daging.

13. Cheonggukjang

Cheonggukjang
pic by @seon_______diary

Cheonggukjang atau yang lebih dikenal sebagai pasta kedelai korea, pembuatan kedelainya membutuhkan waktu hingga beberapa hari. Sebelum dijadikan sup biji kedelai yang difermentasi terlebih dahulu, karena pembuatannya difermentasi makanan ini dapat dikatagorikan sebagai makanan sehat.

Didalam kedelai yang telah difermentasi terdapat bakteri Bacillus Subtlis yang mampu menguraikan protein kedelai menjadi asam amino dan saponin. Menurut penelitian kandungan bakteri baik ini mampu menurunkan kardar lemak jahat dalam tubuh. Kamu dapat menjadikan makanan makanan ini sebagai menu diet kamu.

Baca Juga:  Sop Durian 78 Medan, Kuliner Malam di Depan Rutan Salemba

14. Samgyetang

Samgyetang
pic by @eyesmag

Makanan musim panas ini sangat menarik, karena sup ayam ini menggunakan ayam muda yang tidak di potong-potong terlebih dahulu, melainkan dimasak dalam keadaan utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk.

Selain ayam muda kamu akan menemukan ketan dan gingseng didalam perut ayamnya. Orang Korea biasanya memakan samgyetang pada tiga hari istimewa di musim panas yaitu saat chobok, jungbok, dan malbok yang merupakan tiga hari terpanas dalam setahun di Korea. Makanan ini juga dipercaya menyehatkan karena dapat mencegah penyakit.

15. Yangnyeom Tongdak

Yangnyeom Tongdak
pic by @akaashi777

Yangnyeom Tongdak merupakan olahan yang berbahan dasar ayam dari Korea yang mempunyai rasa pedas, manis dan saat disajikan ditambahkan dengan taburan biji wijen. Yangnyeom Tongdak tergolong makanan fast food di Korea. Masyarakat Korea biasanya menjadikan makanan ini sebagai pendamping ketika sedang meminum minuman keras.

16. Gamja Jeon

Gamja Jeon
pic by @chefs.playground

Gamja Jeon merupakan masakan khas Korea yang mirip dengan pancake, bahan dasar pembuatannya adalah kentang. Makanan ini biasanya dijadikan cemilan ataupun lauk untuk makan. Sekilas makanan yang satu ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan perkedel kentang. Karena berbahan dasar kentang kamu dapat menjadikan menu makanan diet kamu sebagai pengganti nasi.

17. Odeng

odeng
pic by google

Jika kamu sering menonton drama korea, pastinya kamu tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Dalam beberapa drama ada salah satu pemerannya yang sedang menikmati jajanan odeng ini. Odeng dalam bahasa inggri disebut fishcake, odeng dibuat dengan menggunakan daging ikan yang dicampur dengan tepung beras maupun tepung biasa, gula, dan garam.

Makanan ini memiliki teksturnya empuk, sedikit kenyal, dan rasanya gurih. Di Korea terdapat 3 jenis odeng yang berbeda diantaranya yaitu yang pertama odeng yang dibuat dengan tepung dan ikan kemudian ditusuk dengan bambu dan direbus dalam kuah kaldu, yang kedua odeng yang digulung kemudian digoreng dan disajikan dengan saus mustard dan saus tomat dan yang ketiga odeng tang atau yg lebih dikenal sebagai eomuk guk. Kue ikan disajikan dalam semangkuk kaldu dengan tambahan cabai, irisan daun bawang, dan kedelai.

itulah rekomendasi makanan kore yang halal, tetapi sekali lagi jika kamu tidak yakin kamu wajib menanyakannya terlebih dahulu kepada penjualnya mengenai kehalalan makanan yang akan kamu coba. Kamu dapat mencobanya dengan mendatangi beberapa resto korea atau minimarket yang menjual makanan korea. Selamat mencoba dan menikati.

Bagikan:

Leave a comment