Kue Ape Makanan Manis Dan Unik Khas Betawi

Jajanterus.com –  Betawi memang merupakan ibu kota yang memiliki banyak makanan khas. Dari makanan berat hingga makanan seperti kue-kue, salah satunya adalah kue ape. Kue ape merupakan kue yang memiliki bentuk bulat bagian pinggirnya krispi dan bagian tengahnya lembek, lembut, dan manis. Biasanya orang kebanyakan menyebut kue ape dengan sebutan kue tete.

Kue Ape

Jika diperhatikan sekilas kue ape memiliki bentuk yang mirip dengan serabi dan kue cucur hanya yang membedakan rasa, adonan, dan cara pemasakannya. Pembuatan kue ape sendiri mirip dengan serabi, cetakan yang dipergunakanpun sama hanya saja adonan kue ape dan serabi sangat berbeda. Kue ape sangat nikmat disantap Ketika masih hangat karena Ketika masih hangat kue tete akan terasa krispi.

Pencinta kue tete terdiri dari beberapa generasi dari anak-anak hingga orang tua ketenarannya tidak hilang ditelan waktu. Jika kalian berkunjung ke Jakarta kalian wajib menyicipi kue yang satu ini. walaupun saat ini telah banyak hadir makanan dissert dengan menu-menu yang mengoda, ketenaran kue ape tidak pernah pudar loh. Banyak orang yang merindukan makanan tradisional yang satu ini.

Sejarah Asal Mula Kue Ape

Konon kue ini mendapatkan sebutan “Ape” karena berasal dari dialog antara pedagang dan pembeli pada masa itu. Ketika pembeli ini ingin membeli kue ape dia menanyakan “bang, ini kue ape ye?” ape itu dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar artinya apa. Tetapi pedagangnya dengan sigap menyawab “Iye, ini kue Ape”, sejak itulah hingga kini kue manis ini mendapatkan sebutan sebagai kue ape. Namanya sangat mudah diingat bukan?.

Baca Juga:  Makan Pedas Nikmat Di Waroeng Spesial Sambal “SS” Depok
Loading...

Bahan Yang Digunkan Untuk Membuat Kue Tete

Adonan kue ape sangat mudah dibuat karena hanya membutuhkan tepung, pandan, santan, vanili, gula, dan air. Aduk Rata hingga menjadi adonan yang cair. Ketika semua bahan sudah siap kalian dapat menuangnya dalam cetakan bulat yang biasa digunakan untuk membuat serabi. Tunggu hingga pinggiran kue tete berubah warna dan krispi kemudian kalian boleh angkat.

Harga dan Rasa Kue Ape

Kue ape memiliki harga yang cukup murah meriah, biasanya kue ape yang berjualan di grobal menjualnya dengan harga Rp 1.000 – Rp 2000 / pcs. Sangat murah bukan? Kalian tidak akan cukup jika hanya membeli satu atau dua karena Ketika sudah mencobanya akan terus ketagihan untuk menambah terus hingga kalian rasa cukup atau kenyang. Rasa kue ini boleh diacungin jempol manis, gurih, kenyal dan krispinya enak sekali. Cocok jika kalian ingin menikmatinya di pagi atau sore hari ditemani dengan secangkir tea hangat. Kue ape tidak sulit untuk ditemui saat ini banyak pedangan yang berkeliling berjualan kue ini. Penjual kue ape mangkal di depan gerbang-gerbang sekolah atau di pinggir jalan.

Nah kue ape dapat nih jadi salah satu rekomendasi yang butuh cemilan kue atau yang kangen makan jajanan tradisional bisa di coba nih. Saat ini kue ape memiliki banyak variasi juga loh. Pedagang menambahkan topping seperti messis tau susu dan ada juga yang warna kue ape ini di modifikasi tidak lagi berwarna hijau saja. Yuk kita lestarikan jajanan tradisional agar masih terus dapat di nikmati oleh adik-adik kita kelak. Sudah kewajiban kita sebagai generasi mudah untuk melestarikan budaya bangsa,

Baca Juga:  5 Tempat Makan Dengan Pemandangan Alam di Malang
Bagikan:

Leave a comment