12 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba

Jajanterus.com – Berkunjung atau berlibur kesuatu daerah jika tidak membawa oleh-oleh rasanya seperti ada yang kurang. Membeli oleh-oleh sudah menjadi hal yang wajib ketika berkunjung kesuatu daerah, apa lagi jika kamu ada rencana berlibur atau mudik ke Semarang, Jawa Tengah.

12 oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu coba
pic by @apriansaifudin97

Semarang merupakan salah satu kota yang memiliki beragam budaya Jawa dan Tionghoa yang sudah terjalin harmonis. Tidak heran jika kamu akan banyak menemukan berbagai kuliner perpaduan chines Jawa yang begitu lezat. Jika kamu bingung apa saja makanan atau oleh-oleh khas Semarang apa saja yang dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga dan orang terdekat kamu dapat simak nih 12 oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu coba.

1. Lumpia Semarang

lumpia semarang
pic by @lumpiakpbaris @loenpiambaklien_

Oleh-oleh khas semarang yang pertama ialah Lumpia, Lumpia adalah makanan wajib yang harus kamu coba ketika kamu berkunjung ke Semarang. Makanan yang satu ini sudah menjadi ikon kota Semarang, kamu dapat dengan mudahnya menemukan lumpia ini disetiap sudut kota Semarang. Lumpia ini sangat istimewa berbeda dari lumpia pada umumnya, rasanya juga lezat karena dibuat dengan resep yang sudah turun menurun.

Lumpia khas semarang memiliki isian rebung yaitu bambu muda yang dimasak dengan campuran ayam, telur, dan dibungkus menggunakan kulit lumpia. Memangnya bambu bisa dimakan? pastinya orang yang tidak pernah memakan rebung akan bertanya-tanya, tapi tenang saja bambu muda yang dipakai untuk isian lumpia ini aman kok untuk dikonsumsi.

Rasa lumpia isi rebung ini memiliki tekstur yang renyah dan lembut didalamnya, untuk rebungnya sendiri rasanya enak manis sekilas mirip dengan buah bengkoang. Jika kamu berkunjung ke Kota Semarang kamu wajib menjadikan lumpia sebagai oleh-oleh. Tempat membeli lumpia yang terkenal di Semarang adalah lumpia Mataram, kamu akan disediakan pilihan berupa lumpia yang sudah di goreng dan yang masih belum di goreng. Jadi kamu sesuaikan saja sekiranya mana yang lebih aman untuk dijadikan oleh-oleh agar lebih tahan lama ketika dibawa pulang ke rumah.

2. Bandeng Presto

bandeng presto
pic by @bandeng_juwana @bandengpresto.1977

Bandeng Presto, seperti dengan mananya ikan bandeng ini di presto terlebih dahulu sehingga dagingnya empuk tidak hanya dagingnya saja tetapi empuknya hingga ke duri-durinya jadi aman jika dihidangkan untuk sibuah hati. Ikan bandeng presti juga sudah sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas Semarang.

Bandeng presto ini dapat bertahan lama loh, karena pengemasannya menggunakan plastik kedap udara. Ikan bandeng ini juga sudah dibumbui dengan bawang putih, garam, dan kunyit sehingga kita tidak perlu membumbuinya lagi. Sebelum dihidangkan biasanya bandeng presto ini di goreng terlebih dahulu menggunakan balutan telor. Merek bandeng presto yang terkenal di Semarang adalah bandeng Juwana, kamu dapat dengan mudah menemukannya di gerai pusat oleh-oleh. Bahkan bandeng presto ini termasuk oleh-oleh khas semarang yang tahan lama karena dapat disimpan di freezer dan juga bandeng presto ini bisa dibeli loh di marketplace seperti tokopedia dan shopee.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Makan Keluarga di Jakarta

3. Wingko Babat

wingkobabat
pic by @wingkobabadkeretaapi @wingkobabatmenikosemarang

Wingko babat merupakan oleh-oleh khas Semarang yang cukup terkenal, kue ini terbuat dari tepung beras ketan, gula, dan parutan kelapa. Wingko sebenrnya bukan kue asli Semarang melaikan Babat, yaitu daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Didaerah asalnya kue ini tidak terlalu terkenal, namun popularitas kue ini naik setelah di jual di Semarang.

Wingko memiliki tekstur rasa yang legit, manis, empuk, gurih, dan berserat. Awalnya wingko babat banyak di jajakan di sekitar stasiun Tawang, yaitu stasiun kereta api yang terkenal di Semarang. Namun saat ini wingko babat dapat kamu temukan dipusat oleh-oleh seperti halnya  yang ada di Jl. Pandaranan Semarang, ada beberapa brand wingko yang terkenal seperti Wingko Babat cap Kereta Api, Wingko Babat Dyriana dan Wingko Babat cap Tiga Kelapa Muda. Wingko Babat benar-benar cocok dijadikan oleh-oleh karena mampu bertahan hingga beberapa hari, Maka dari itu buat kamu yang ingin mencari oleh-oleh khas semarang yang tahan lama wingko babat merupakan oleh-oleh yang tepat.

4. Tahu Bakso Ungaran

tahu bakso
pic by @tahubaxo_ibupudji

Tahu Bakso Unggara tidak boleh terlewatkan nih, tahu bakso khas Ungara, Tahu bakso ungaran sudah biasa dijadikan oleh-oleh khas Semarang yang wajib dan tidak boleh tertinggal. Tahu bakso terbuat dari tahu yang ditengahnya diberi adonan bakso. Tahu bakso ini memiliki dua versi yaitu tahu bakso yang digoreng dan tahu bakso yang direbus.

Yang membuat tahu bakso khas Semarang ini unik adalah penulisan kalimat baksonya dimana mereka mengganti huruf “ks” menjadi huruf “x” sehingga kata baksonya berubah menjadi “baxo”. Merk tahu bakso yang ternama adalah Tahu Baxo Bu Pudji yang berlokasi di Jl. Jendr Sudirman No 156 Langensari.

5. Tumpi

tumpi
pic by @hungry.cikarang

Tumpi merupakan peyek dengan topping kacang hijau khas Semarang. Tumpi ini meliki rasa yang gurih dan renyah, tumpi dapat dijadikan cemilan ataupun teman makan kamu dirumah. Karena penggunaan topping kacang hijau inilah yang membuat peyek ini berbeda dari peyek-peyek pada umumnya, oleh sebab itu peyek ini dinobatkan sebagai peyek khas semarang.

Kamu dapat dengan mudah menemukan Tumpi di sentral industri keripik di Karangbolo, Desa Lere, Ungaran. Daerah ini sangat terkenal sebagai penghasil kripik salah satunya tumpi. Cemilan yang satu ini cocok jadi oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang, tumpi dapat bertahan lama jika disimpan dalam kemasan kedap udara.

Baca Juga:  Bebek Mama Musay, Nasi Bebek Khas Madura

6. Kue Sarang Madu

kue sarang madu
pic by @pesonanusantara @itrip.id @deddy_huang

Kue khas Semarang berikutnya adalah kue sarang madu, Makanan kering ini wajib kamu beli untuk oleh-oleh kerabat maupun teman dirumah. Kue ini diberi nama sarang madu karena bentuknya yang mirip dengan sarang burung dan diberi siraman gula merah. Kue khas Semarang ini terbuat dari tepung beras, santan, dan siraman gula merah.

Loading...

Rasanya gurih dan manis serta teksturnya yang renyah dapat membuat kamu tidak berhenti untuk memakannya. Jika kamu membelinya untuk dijadikan oleh-oleh kamu harus berhati-hati dalam membawanya karena kue ini cukup rapuh, sehingga rawan pecah jika tertimpa atau jatuh.

7. Lontong Spekkoek Waiki

Lontong Spekkoek Waiki
pic by @waikilapislegit

Kue lapis biasanya berbentuk persegi namun untuk kue lapis yang satu ini berbeda bentuknya menyerupai lontong dan sama-sama dibungkus menggunakan daun pisang. Kue ini merupakan kue tradisional khas Semarang yang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut.

Lontong Spekkoek Waiki sangat digemari para wisatawan dalam dan luar negeri yang berkunjung ke Semarang. Bentuknya yang bulat dan kecil ini biasanya dijadikan buah tangan, selain enak harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sehingga kamu dapat memborongnya. Jika kamu penasaran kamu dapat menemukannya di Jalan Senjoyo II No 1, Bugangan, Semarang Timur. Disini juga tidak hanya sekedar membelinya saja, kamu dapat melihat proses pembuatannya langsung.

8. Moaci Gemini

moaci gemini
pic by @moacigeminisemarang

Tidak hanya Sukabumi, Jawa Barat saja yang memiliki makanan khas berupa mochi. Di Semarang juga memiliki kue tradisional Mochi atau yang kebanyakan orang menyebutnya moaci. Yang membedakan moaci khas Semarang dengan moaci pada umumnya yaitu pada bentuk luarnya. Dimana moaci khas Semarang diberikan tabahan taburan wijen pada luarnya.

Moaci Semarang ini terbuat dari tepung ketan dan memiliki isian berupa campuran kacang dan gula, sehingga moaci ini memiliki rasa manis dan bertekstur kenyal. Moaci yang terkenal di Semarang adalah moachi gemini kamu dengan mudah mendapatkannya jika kamu berkunjung ke Jl Kentangan Barat No. 101 Semarang. Kue ini juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Semarang.

9. Roti Brilian

roti brilian
pic by @shopee

Ingin mencari oleh-oleh khas Semarang yang dapat bertahan lama tetapi tidak menggunakan bahan pengawet? Nah, roti brilian ini lah jawabannya. Roti ini mampu bertahan hingga 60 hari walaupun tidak menggunakan bahan pengawet. Rasa roti ini memang manis namun masih dapat dikatakan wajar sehingga kamu tidak akan merasakan eneg ketika mengkonsumsi secara berlebihan.

Roti Brilian ini memiliki beragam varian, seperti almond, keju, cokelat, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu yang membuat unik adalah tokonya dimana toko roti ini memiliki desain seperti layaknya istana yang memiliki warna-warna cerah. Selain membeli oleh-oleh kamu juga dapat nih berfoto ria didepan tokonya, jika penasaran jangan lupa mampir ke toko roti brilian yang beralamat di Jalan Simpang Lima, Kota Semarang ini.

Baca Juga:  Review Makanan Seafood Ade Fani 67 Yang Rame Banget

10. Brownies Opium

brownies opium
pic by @opiumpremiumbrownies

Brownies Opium dapat menjadi salah satu oleh-oleh khas semarang kekinian yang menarik, dimana brownies ini memiliki label premium. Sehingga akan memiliki nilai lebih ketika diberikan kepada orang terdekat, walaupun memiliki brand premium ternyata brownies ini memiliki harga yang cukup terjangkau loh.

Produk ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kualitas premium seperti cokelat, terigu, mentega dan bahan-bahan lainnya yang membuat citarasa brownies opium menggugah selera. Satu packnya berisi 12 potong tidak hanya itu brownies ini dikemas dengan menggunakan kotak mika dan tambahan pita sehingga menambah kesan manis. Brownies opiom ini juga cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas Semarang.

11. Torakur

Torakur
pic by @qanshana_sl

Jika kamu sedang mengunjungi objek wisata di Bandunga kabupaten Semarang kamu tidak boleh melewatkan Torakur sebagai oleh-oleh khas Semarang. Torakur adalah manisan yang terbuat dari buah tomat yang dikeringkan namun uniknya memiliki rasa manis seperti kurma.

Ibu Ngesti merupakan warga yang mencetuskan manisa tomat ini, Torakur ini sudah dipatenkan brandnya, bahkan sudah mendapatkan sertifikat halal. Jadi sebagai seorang muslim kamu tidak perlu lagi nih ragu untuk mengkonsumsinya. Manisan tomat ini juga dapat bertahan lama jadi aman untuk kamu simpan dan dijadikan cemilan.

12. Kopi Khas Semarang

kopi khas semarang
Pic by @coffeeman

Oleh-oleh khas Semarang yang terakhir adalah kopi khas Semarang, setelah bahas semua makanan khas Semarang kali ini kurang lengkap jika tidak ada minuman. Nah, kopi khas Semarang ini jangan lupa ya ada didalam list kamu. Semarang juga memiliki kopi khas loh yaitu kopi  Banaran dan kopi Gunung Kelir kedua kopi ini memiliki rasa yang begitu nikmat dijamin dapat menghilangkan kantuk kamu.

Ternyata kopi Banaran tidak boleh diragukan nih, Kualitas dan kenikmatan kopi Banaran mampu memasuki market luar negeri kebanyakan kopi ini diekspor ke Italia, Amerika Serikat, Jepang dan China. Kopi Banaran merupakan kopi berjenis robusta yang dihasilkan dari perkebunan kopi yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX. Sebagai warga negara harusnya kita bangga memiliki kopi yang diakui kenikmatannya oleh bangsa lain. Masih ragu untuk menjadikan kopi khas semarang ini sebagai oleh-oleh?

Itulah 12 oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu coba dan dapat kamu jadikan hadiah untuk keluarga dan teman tersayang. Jangan sampai waktu liburanmu habis karena bingung mementukan ingin membeli apa dan mencari lokasi tempat membeli oleh-oleh. Kamu dapat menjadikan beberapa rekomendasi diatas sebagai pilihan kamu. Semoga dapat membatu kebingungan kamu ketika berkunjung ke Semarang.

Bagikan:

Leave a comment